Jumat, 05 Juni 2009

Program Keahlian SMK NUMA'ARIF KUDUS

Posted on/at 01.52 by profile smk nu maarif kudus

Pada posting yang pertama saya telah menjelaskan visi dan misi SMK NU MA’ARIF KUDUS,sekarang saya akan menjelaskan tentang program keahliannya.Namanya juga SMK pasti juga ada program keahliannya donk?yupz jika sobat berminat silahkan pilih program keahlian berikut ini :
1.Tehnik Kendaraan Ringan
PROGRAM PELATIHAN MEKANIK OTOMOTIF
Diklat Jangka Pendek
1.Service Sepeda Motor
2.Service Mesin Disel
3.Service Kelistrikan
4.Stir Mobil
Program Unit Produksi Menerima service sepeda motor dan mobil
2.Tehnik Pemesinan
Khusus untuk program keahlian mesin perkakas dalam prakteknya di lengkapi dengan tiga gedung bengkel yaitu bengkel kerja tangan, bengkel mesin produksi, dan bengkel pengelasan. Dengan memaksimalkan penggunaan fasilitas dan penunjang praktek, siswa dibimbing dan dilatih ketrampilannya serta di tanamkan dan dibentuk mental disiplin dan tanggung jawab oleh guru - guru yang kompeten di bidangnya. PENGGUNAAN GEDUNGGedung Bengkel Kerja Tangan, bengkel ini di gunakan untuk pekerjaan tangan yang sifatnya manual : - Pengikiran - Pengeboran - Pengerindaan - Pemotongan Fasilitas / Peralatan Bengkel - 42 Buah ragum - 12 Meja kerja - 2 Mesin bor - 1 Mesin gerinda - 1 Mesin gergaji potong - Sejumlah peralatan kikir kasar, halus, segitiga, setengah bulat dan bulat - Sejumlah perlengkapan Tap dan Snei dengan baerbagi ukuran Gedung Bengkel Permesinan, bengkel ini digunakan untuk pekerjaan permesinan - Pembubutan - Pengefraisan - Penyekrapan - Pemotongan Fasilitas / Peralatan Bengkel - 1 mesin frais horizontal / vertical - 1 mesin frais horizontal - 6 mesin bubut - 1 mesin gerinda - 1 mesin gerinda potong - 1 mesin gergaji Gedung Bengkel Pengelasan , bengkel ini di gunakan untuk pekerjaan pengelasan dan pekerjaan plat : - Pengelasan busur / listrik - Pengelasan gas / karbit - Pematrian / pengelingan Fasilitas / Perlatan Bengkel - 1 set peralatan las gas / karbit - 2 set peralatan las busur / listrik - 1 mesin bor - 12 ragum - Sejumlah peralatan kerja plat KEGIATAN UNIT PRODUKSIUntuk mengefektifkan pemakaian fasilitas bengkel. Unit produksi SMK NU Ma\'arif Kudus berusaha menjalin kerjasa sama dengan bengkel luar. Hal ini dimaksudkan terjadinya hubungan sinergis antara dunia usaha / industri dengan dunia akademis. Selama ini Unit produksi SMK NU Ma\'arif Kudus menerima dan mengerjakan pesanan - pesanan produk dari masyarakat yang dikerjakan di bengkel SMK NU Ma\'arif Kudus diantaranya adalah : Tratak, Meja Kursi, Teralis pintu dan jendela, Tempat Tidur, Pagar, Tower Mesin teknologi tepat guna : Mesin pemarut kelapa, perajang singkong, pemotong kertas, pembengkok pipa, penekuk lis kaca mobil, perontok padi TIM UNIT PRODUKSITim unit produksi terdiri dari tenaga kerja yang kompeten dan qualified dibidangnya yang bertugas mengerjakan dan menyelsaikan pesanan masyarakat, mulai dari perancangan gambar kerja, pemilihan bahan, proses produksi, hingga quality control. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kepercayaan pemesanan dan kepuasan konsumen.    

3.Tehnik Otomasi Industri

Untuk jurusan Listrik Pemakaian dalam pelaksanaan praktek di lengkapi dengan tiga gedung bengkel. Bengkel pertama di gunakan untuk praktek pendingin ( AC, Kulkas ). Bengkel kedua di gunakan untuk rewinding, serta bengkel yang ketiga digunakan untuk ruang PLC dengan fasilitas komputer Pentium IV.

Dengan memaksimalkan penggunaan fasilitas dan penunjang praktek, siswa diajari dan dilatih ketrampilannya serta ditanamkan ras percaya diri serta di bentuk mental disiplin dan tanggung jawab oleh guru guru yang kompeten di bidangnya.

Untuk mengefektifkan pemakaian fasilitas bengkel. Unit produksi SMK NU Ma'arif kudus berusaha menjalin kerjasama dengan bengkel-bengkel di luar. Hal ini dimaksudkan terjadinya hubungan sinergis antara dunia industri dengan dunia akademis.
Selama ini unit produksi SMK NU Ma'arif Kudus menerima dan mengerjakan pesanan-pesanan produk dari masyarakat di bengkel SMK NU Ma'arif diantaranya : Perbaikan Kulkas, Service AC, Rewinding Motor, Kipas Angin, Instalasi Rumah dan Gedung Bertingkat

Tim unit produksi terdiri dari tenaga kerja yang kompeten dan Qualified di bidangnya yang bertugas mengerjakan dan meyelesaikan pesanan masyarakat, mulai dari perancangan gambar kerja, pemilihan bahan, proses produksi hingga quality control. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kepercayaan pemesanan dan kepuasan konsumen.

4.Tehnik Komputer & Jaringan

Teknik Komputer Jaringan adalah program keahlian baru di SMK NU Maarif Kudus, Program Keahlian ini berdiri pada tahun Ajaran baru ini yaitu 2008/2009 dengan menerima siswa/siswi sejumlah 42 anak. Program Keahlian ini di buka tujuannya adalah :
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :
a. menginstalasi perangkat komputer personal dan menginstall sistem operasi dan aplikasi;
b. menginstalasi perangkat jaringan berbasis lokal;
c. menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas;
d. merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas.
adapun guru-guru yang membidangi program keahlian ini adalah : 1. Eko Prasetyo Julianto, S.Kom 2. Azis Muslim, M.Kom 3. Sumarno, A.Md Program keahlian di TKJ yang dikembangkan saat ini adalah : 1. Robotika 2. Multimedia 3. RT-RW Net Semoga dengan di bukanya program baru ini bisa menambah pengetahuan tentang komputer di masyarakat di harapkan setelah lulus nanti bisa mendiri dan menciptakan IPTEK sesuai bidangnya.

Gimana sobat program keahliannya?pasti sobat tertarik donk?makanya daftar ja di SMK NU MA’ARIF KUDUS…..OK?

0 komentar:

Posting Komentar